Nikmati Masakan Lezat Khas Jawa Tengah di Warung Nasi Gandul Lampung



Salah satu keistimewaan Indonesia adalah kuliner yang kaya sebagai cermin keberagaman budaya dan kuliner. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya. Meski begitu, umumnya hampir seluruh masakan Indonesia memiliki cita rasa yang kuat dari rempah-rempah dan bahan lain. 

Daerah Jawa adalah salah satu yang memiliki beragam masakan khas. Beberapa di antaranya adalah nasi gandul, soto kudus, dan garang asem. Nasi gandul merupakan kuliner khas Pati (daerah pesisir Jawa Tengah). Masakan ini merupakan kombinasi nasi putih dan daging empal yang lembut dengan siraman kuah santan yang gurih dan manis. Nasi gandul biasa disajikan dalam piring yang dialasi dengan daun pisang.


Soto kudus merupakan soto khas dari daerah Kudus, Jawa Tengah. Soto ini berisi tauge dan suwiran ayam dan kuahnya lebih bening. Biasanya soto kudus disajikan dalam mangkuk kecil dengan jeruk nipis dan sambal sebagai pelengkap. 

Garang asem merupakan masakan olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang. Rasa masakan ini didominasi oleh rasa asam dan pedas. Rasa asamnya biasa didapat dari belimbing sayur atau tomat hijau. Masakan ini banyak ditemukan di Grobogan, Semarang, Demak, Kudus, Pati, dan Pekalongan.


Ketiga hidangan ini kini tidak hanya dapat ditemukan di Jawa melainkan juga di berbagai daerah di Indonesia. Di Bandar Lampung ketiga masakan ini bisa kita dapatkan di Warung Nasi Gandul Lampung yang berada di Jalan Tulang Bawang No. 12, Enggal, Bandar Lampung. Tanpa harus berkunjung ke daerah asal masakannya, kita bisa menikmati nasi gandul, soto kudus, garang asem serta makanan khas Jawa lainnya di tempat makan ini. 

Nasi di sini disajikan lengkap dengan daging yang empuk disiram kuah manis dan gurih yang kaya cita rasa rempah. Meskipun masakan khas Jawa, namun nasi gandul ini akan cocok dengan lidah pecinta kuliner di Lampung. Soto kudusnya terasa lebih spesial bawang putih goreng yang menambahkan rasa gurih pada kuahnya dan ayamnya menggunakan ayam kampung. Garang asemnya cocok untuk penyuka makanan pedas berkuah. Rasanya asam dan segarnya pada kuahnya berasal dari potongan tomat hijau yang dikukus bersama ayam kampung dan racikan bumbu lain.


Kita bisa menyantap nasi gandul di Warung Makan Nasi Gandul Lampung hanya dengan membayar Rp 20.000 per porsinya. Sementara harga garang asem tanpa nasi yaitu Rp 28.000 dan soto kudus tanpa nasi Rp 15.000 per porsi. Sangat terjangkau bukan? 

Warung Makan Nasi Gandul Lampung buka setiap hari Senin sampai Sabtu, mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Warung yang berdiri sejak tahun 2011 ini juga menyediakan menu lain seperti tengkleng dan pecel siram. Jika tidak bisa berkunjung langsung, kita juga bisa memesan menunya lewat aplikasi Go Food. 

Daftar Menu dan Harga Warung Nasi Gandul Lampung

Nasi Gandul Rp 20.000,-
Garang Asem (tanpa nasi) Rp 28.000,-
Soto Kudus (tanpa nasi) Rp 15.000,-
Soto Kudus (dengan nasi) Rp 20.000,-
Tengkleng Sapi (tanpa nasi) Rp 22.000,-
Pecel Jawa/Pecel Siram (tanpa nasi) Rp 12.000,-
Ayam Goreng Kremes (tanpa nasi) Rp 15.000,-

Pembelian/Pemesanan

WA: 0821 7753 0808 (Eka Rahmawati)
Alamat: Jalan Tulang Bawang No. 12, Enggal, Bandar Lampung
Google Map: Warung Makan Nasi Gandul Enggal
Go Food: Warung Makan Nasi Gandul, Enggal 

Heni Puspita | Foto Produk Lampung

16 comments:

  1. Wiiih, ketemu makanan khas daerah lain di sebuah daerah itu menyenangkan ya, kayak saya di Surabaya selalu happy kalau makan Konro Sulawesi.

    Enak makanannya, enak suasananya, serasa mudik :)

    ReplyDelete
  2. Di Lampung sana banyak orang Jawanya juga sih ya, jadi makanan Jawa pun bertebaran. Kesukaanku semua tuh makanannya, terutama garang asem. Enaakk banget dimakan di siang hari, segaaarr... meskipun seringnya ada yang masaknya dengan level pedas yang huaaahh... ;)

    ReplyDelete
  3. aku yg orang jawa malah belum pernah denger nasi gandul.. hihi.. kalo empal pake siraman kuah yg aku tau cuma empal gentong doang..

    btw, enak ya di lampung udh ada warung yg menyediakan makanan jawa. jadi orang2 lampung bisa icip-icip makanan khas jawa tanpa perlu jauh2 dtg ke jawa yaa..

    ReplyDelete
  4. Garang asamnya menggoda banget utk dicoba, pernah coba masak sendiri tapi failed hehehe

    ReplyDelete
  5. Waah, coba baca info ini pas kemarin ke Lampung, mesti mampir aku ke sana Mbaa. Duuh, dibikin ngences inih :D

    ReplyDelete
  6. Aku lebih suka masakan berkuah khas Indonesia ini rasanya gurih, mantep dan habis habisin nasi.
    Next, kudu coba nasi gandul nih yang belum pernah. Sekilas kaya gule dikasih daging gitu.

    Keluargamulyana

    ReplyDelete
  7. MashaAllah ini resto beneran kasih sajian yang ngga kalah seperti sajian saat makan di Jawa Tengah ya.. buat para perantau atau wisatawan yang sedanga dilampung dan kangen banget masakan khas sunda bisa makan di warung nasi gandul lampung ya mbak

    ReplyDelete
  8. Masakana Jawa tuh bertebaran di seluruh Indonesia, termasuk di kotaku Makassar, tapi nasi gandul ini kayaknya belum pernah nemu deh. Kudu cari-cari ini, mungkin tersembunyi di dalam warung-warung yang sediain makanan khas Jawa Tengah.

    ReplyDelete
  9. Nasi gandul sama garang asem pengen nyobain ih 🙂🤗

    ReplyDelete
  10. Masakan Jawa memang ngangenin. Selain karena rasanya juga karena momen kumpul dengan keluarga. Kuah santan dari nasi gandul kayaknya sy pernah coba di menu lain, tapi menu nasi gandul sendiri sy belum coba. Mudah2an kesampean bisa kulineran masakan jawa 🙂 fotonya bagus mba, saya suka. Salam kenal ya

    ReplyDelete
  11. Menu Jawa itu memang universal ya mbak buat orang Indonesia. Mudah ditemukan juga fi banyak resto. Maulah nyoba Garang Asem restoran ini

    ReplyDelete
  12. Aaakkk pengen garang asemmnyaaaa.. Keknya nikmatt bener..

    28k mah worth it itu menurutku mbakkk

    ReplyDelete
  13. Mungkin pemiliknya orang Jawa ya Mas, jadi banyak menu Jawanya. Saya tau masakan garang asem tu baru-baru ini, itu pun belum pernah nyobain. Hehe.

    ReplyDelete
  14. Waduh aku jadi ngiler lihat garang asem nya mbak, memang sajian dari Jawa Tengah ini menggoda banget dan segar untuk dinikmati.

    ReplyDelete
  15. Tak perlu jauh2 ke Jawa ya kalau nak makanan khas Jawa. Aku penasaran nasi gandul nampaknya enak

    ReplyDelete
  16. Nasi Gandul, disiram kuah santan ya?hmm, gurih banget pasti yaaa.. Jadi pengen cobain juga.
    Garang asam itu cocok dimakan saat dingin kali ya, makannya panas2 gitu bisa menghangatkan, tp ada asam2nya ya. Belum pernah coba keduanya nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Foto Produk Lampung
Follow juga IG: @fotoproduklampung
Twitter: @fotoprodukLPG
Fan Page: Foto Produk Lampung

Untuk info kerjasama, hubungi via email fotoproduklampung@gmail.com