Nikmati Masakan Lezat Khas Jawa Tengah di Warung Nasi Gandul Lampung



Nikmati Masakan Khas Jawa Tengah di Warung Nasi Gandul Lampung. Salah satu keistimewaan Indonesia adalah kuliner yang kaya sebagai cermin keberagaman budaya dan kuliner. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya. Meski begitu, umumnya hampir seluruh masakan Indonesia memiliki cita rasa yang kuat dari rempah-rempah dan bahan lain. 

Daerah Jawa adalah salah satu yang memiliki beragam masakan khas. Beberapa di antaranya adalah nasi gandul, soto kudus, dan garang asem. Nasi gandul merupakan kuliner khas Pati (daerah pesisir Jawa Tengah). Masakan ini merupakan kombinasi nasi putih dan daging empal yang lembut dengan siraman kuah santan yang gurih dan manis. Nasi gandul biasa disajikan dalam piring yang dialasi dengan daun pisang.


Soto kudus merupakan soto khas dari daerah Kudus, Jawa Tengah. Soto ini berisi tauge dan suwiran ayam dan kuahnya lebih bening. Biasanya soto kudus disajikan dalam mangkuk kecil dengan jeruk nipis dan sambal sebagai pelengkap. 

Garang asem merupakan masakan olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang. Rasa masakan ini didominasi oleh rasa asam dan pedas. Rasa asamnya biasa didapat dari belimbing sayur atau tomat hijau. Masakan ini banyak ditemukan di Grobogan, Semarang, Demak, Kudus, Pati, dan Pekalongan.


Ketiga hidangan ini kini tidak hanya dapat ditemukan di Jawa melainkan juga di berbagai daerah di Indonesia. Di Bandar Lampung ketiga masakan ini bisa kita dapatkan di Warung Nasi Gandul Lampung yang berada di Jalan Tulang Bawang No. 12, Enggal, Bandar Lampung. Tanpa harus berkunjung ke daerah asal masakannya, kita bisa menikmati nasi gandul, soto kudus, garang asem serta makanan khas Jawa lainnya di tempat makan ini. 

Nasi di sini disajikan lengkap dengan daging yang empuk disiram kuah manis dan gurih yang kaya cita rasa rempah. Meskipun masakan khas Jawa, namun nasi gandul ini akan cocok dengan lidah pecinta kuliner di Lampung. Soto kudusnya terasa lebih spesial bawang putih goreng yang menambahkan rasa gurih pada kuahnya dan ayamnya menggunakan ayam kampung. Garang asemnya cocok untuk penyuka makanan pedas berkuah. Rasanya asam dan segarnya pada kuahnya berasal dari potongan tomat hijau yang dikukus bersama ayam kampung dan racikan bumbu lain.


Kita bisa menyantap nasi gandul di Warung Makan Nasi Gandul Lampung hanya dengan membayar Rp 20.000 per porsinya. Sementara harga garang asem tanpa nasi yaitu Rp 28.000 dan soto kudus tanpa nasi Rp 15.000 per porsi. Sangat terjangkau bukan? 

Warung Makan Nasi Gandul Lampung buka setiap hari Senin sampai Sabtu, mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Warung yang berdiri sejak tahun 2011 ini juga menyediakan menu lain seperti tengkleng dan pecel siram. Jika tidak bisa berkunjung langsung, kita juga bisa memesan menunya lewat aplikasi Go Food. 

Daftar Menu dan Harga Warung Nasi Gandul Lampung

Nasi Gandul Rp 20.000,-
Garang Asem (tanpa nasi) Rp 28.000,-
Soto Kudus (tanpa nasi) Rp 15.000,-
Soto Kudus (dengan nasi) Rp 20.000,-
Tengkleng Sapi (tanpa nasi) Rp 22.000,-
Pecel Jawa/Pecel Siram (tanpa nasi) Rp 12.000,-
Ayam Goreng Kremes (tanpa nasi) Rp 15.000,-

Pembelian/Pemesanan

WA: 0821 7753 0808 (Eka Rahmawati)
Alamat: Jalan Tulang Bawang No. 12, Enggal, Bandar Lampung
Google Map: Warung Makan Nasi Gandul Enggal
Go Food: Warung Makan Nasi Gandul, Enggal 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Foto Produk Lampung
Follow juga IG: @fotoproduklampung
Twitter: @fotoprodukLPG
Fan Page: Foto Produk Lampung

Untuk info kerjasama, hubungi via email fotoproduklampung@gmail.com